Oleh: Ksatriaku | 21 April 2007

Elegi Cita-Cita Indonesia (part 1)

Nak, kalo dah besar ingin jadi apa? Adik, kalo dah dewasa cita-citanya apa? …

Beberapa jenis pertanyaan di atas dan semisalnya hampir selalu kita dengar, bahkan kita sendiri yang menanyakan. Sebuah pertanyaan sederhana yang diucapkan kepada anak kecil yang ditemui entah dengan maksud sekedar kalimat sapa, pengisi suasana kosong atau mencoba untuk menumbuh kembangkan semangat hidup sang anak. Sebenarnya yang terjadi adalah … sebelum saya ungkapkan pandangan saya …
Coba Anda ingat, apa sajakah jawaban pertanyaan diatas yang sering Anda dengar dari kata-kata polos anak-anak?

Cita-citaku adalah dokter, aku ingin jadi pilot, mubalek sejuta umat kayak pak Jaenudin, kalo aku jadi pegawai bank, kalo udah gedhe aku ingin jadi presiden, jadi insinyur, cita-citaku ingin jadi arsitek, ingin jadi astronot, ingin jadi penerbang (kalo itu mah penabuh alat musik yang mengiringi penganten atuh … terbangan), dll

Apakah jawaban pertanyaan Anda seperti jawaban-jawaban di atas?
Percayakah Anda bahwa jawaban tersebut adalah jawaban murni dari buah pikiran dan lontaran dari mulut anak 5th, 7th, 10th ?
Menurut saya jawaban-jawaban itu adalah ungkapan ambisi dari orang tua. Bila benar demikian, alangkah sayang disayang, betapa kasihan si anak.
Cita-cita yang diterjemahkan di KBBI (kamus besar bahasa Indonesia, terbitan Balai Pustaka 1990) adalah keinginan yang selalu ada di dalam pikiran, tujuan yang sempurna (yang akan dicapai atau dilaksanakan).
Dengan demikian realita yang terdapat di alam bebrayan ini adalah cita-cita atau keinginan yang selalu ada di dalam pikiran anak-anak Indonesia adalah suatu penanaman ambisi orang tua kepada si anak (sebagai korban ambisi).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: