Oleh: Ksatriaku | 12 Juni 2008

Mitos dan Fakta

Mitos : penyakit jantung di negara Amerika dikarenakan oleh konsumsi kolesterol dan lemak jenuh dari makanan hewani.
Fakta : selama periode meledaknya penyakit jantung di Amerika (1920 – 1960), konsumsi makanan orang Amerika terhadap lemak hewani menurun, akan tetapi konsumsi terhadap produk-produk hidrogenisasi dan minyak sayur dari hasil proses industri meningkat drastis. (sumber : Departemen Pertanian Amerika)

Mitos : lemak jenuh menyumbat pembuluh arteri.
Fakta : asam lemak yang menyumbat pembuluh arteri kebanyakan tidak jenuh (74 %), sebanyak 41 % darinya adalah lemak tak jenuh ganda. (sumber : Lancet 1994 344:1195)

Mitos : gaya hidup vegetarian menyehatkan
Fakta : jumlah kematian seluruh pria vegetarian pertahun, sedikit lebih tinggi dibanding pria non vegetarian (0.93 % diban-ding 0.89 %). Angka kematian wanita vegetarian pertahun lebih tinggi dibanding wanita non vegetarian (0.86% dibanding 0.54%) (sumber : American Journal of Clinical Nutrition 1982 36:873)

Mitos : vitamin B12 dapat diperoleh dari sumber makanan nabati tertentu, misalnya alga biru kehijauan dan produk-produk kedelai.
Fakta : vitamin B12 tidak diserap dari sumber makanan nabati. Produksi makanan kedelai modern lah yang meningkatkan kebutuhan tubuh akan vitamin B12 (sumber : Soybeans: Chemistry & Technology Vol 1 1972)
Mitos : untuk mendapatkan kesehatan yang prima, kolesterol serum idealnya kurang dari 180 mg/dl
Fakta : Tingkat resiko kematian lebih tinggi pada individu yang memiliki tingkat kolesterol dibawah 180 mg/dl. (sumber : Circulation 1992 86:3:1026-1029)

Mitos : Lemak hewani dapat menyebabkan penyakit kanker dan jantung
Fakta : lemak hewani mengandung banyak nutrisi yang dapat mencegah penyakit kanker dan jantung ; meningkatnya pe-nyakit ini berhubungan dengan konsumsi minyak sayur dalam jumlah besar. (sumber : Federal Proceedings July 1978 37:2215)

Mitos : anak-anak memperoleh manfaat dari diet rendah lemak.
Fakta : anak-anak yang melakukan diet rendah lemak menderita berbagai masalah pertumbuh-an, kegagalan untuk berkembang pesat dan ketidakmampuan mempelajari sesuatu. (sumber : Food Chem News 10/3/94)

Mitos : diet rendah lemak dapat membuat anda “merasa lebih baik…..dan lebih menikmati hidup.”
Fakta : diet rendah lemak erat kaitannya dengan naiknya tingkat depresi, masalah psikologi, kelelahan, kekerasan dan bunuh diri (sumber : Lancet 3/21/92 v339).

Mitos : untuk mencegah pe-nyakit jantung, sebaiknya menggunakan margarine daripada mentega.
Fakta : mengkonsumsi margarine beresiko dua kali lipat terkena serangan jantung daripada mengkonsumsi mentega. (sumber : Nutrition Week 3/22/91 21:12)

Mitos : orang Amerika tidak cukup mengkonsumsi asam lemak yang penting untuk tubuh.
Fakta : orang Amerika malah mengkonsumsi jauh lebih banyak, seperti EFA (EFA omega-6 yang banyak dijumpai pada minyak sayur tak jenuh ganda) namun justru mengalami kekurangan pada jenis EFA lainnya yaitu EFA omega-3 yang banyak dijumpai pada ikan, minyak ikan, telur dari peternakan ayam berstandarisasi, sayuran berwarna hijau tua, tumbuh-tumbuhan dan minyak dari biji rami dan chia (Salvia Hispanica, berasal dari Mexico tengah, sangat kaya akan asam lemak omega 3), kacang-kacangan seperti walnut dan sejumlah kecil dari seluruh jenis padi-padian. (sumber : Am J Clin Nutr 1991 54:438-63)

Mitos : diet vegetarian dapat melindungi anda dari atherosclerosis (penyakit yang dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah arteri akibat timbunan plak)
Fakta : Proyek Atherosclerosis Internasional menemukan bahwa orang vegetarian justru memiliki atherosclerosis lebih banyak daripada non vegetarian. (sumber : Laboratory Investigation 1968 18:498)

Mitos : diet rendah lemak dapat mencegah kanker payudara
Fakta : sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang melakukan diet rendah lemak memiliki tingkat resiko yang sama dengan wanita yang mengkonsumsi sejumlah besar lemak. (sumber : New England Journal of Medicine 2/8/96)

Mitos : diet manusia gua adalah rendah lemak
Fakta : diseluruh dunia, masyarakat primitif ditemukan mengkonsumsi lemak dari ikan dan kerang-kerangan, unggas air, mamalia laut, burung darat, serangga, reptil, binatang pengerat, beruang, anjing, babi, domba, kambing, sapi, binatang buruan, telur, kacang-kacangan dan hasil susu. (sumber : Abrams, Food & Evolution, 1987)

Mitos : minyak kelapa dapat menyebabkan penyakit jantung
Fakta : ketika minyak kelapa menjadi 7 % konsumsi energi pada perawatan pasien penyakit jantung, pasien mengalami kemajuan pesat dibanding dengan perawatan tanpa control, dan juga tidak ada perbedaan dengan pasien yang dirawat dengan minyak jagung atau minyak safflower (Carthamus tinctorius). Populasi yang mengkonsumsi minyak kelapa memiliki resiko rendah penyakit jantung. Minyak kelapa bisa jadi termasuk salah satu minyak paling berguna untuk mencegah penyakit jantung dikarenakan karakteristiknya yang anti virus dan anti kuman. (sumber : Journal of the American Medical Association 1967 202:1119-1123; Am J Clin Nutr 1981 34:1552)

Mitos : lemak jenuh mence-gah timbulnya radang prostagladins (cairan yang berfungsi penting dalam tubuh hewan)
Fakta : sebenarnya lemak jenuh memperbaiki produksi seluruh prostaglandins dengan memudahkan pengubahan asam lemak yang esensial. (sumber : Price-Pottenger Nutrition Foundation Journal 20:3)

Mitos : asam Arachidonic yang terdapat dalam makanan seperti hati, mentega dan kuning telur dapat menimbulkan radang prosgladins yang “buruk”.
Fakta : 2 rangkaian prostagladins yang dibuat oleh tubuh dari asam arachidonic dapat membantu dan menghalangi terjadinya radang dalam kondisi yang tepat. Asam arachidonic sangat penting untuk fungsi otak dan system saraf. (sumber : Price-Pottenger Nutrition Foundation Journal 20:3)

Mitos : daging sapi dapat menyebabkan kanker usus besar
Fakta : Argentina yang tergolong pengkonsumsi daging sapi tertinggi, memiliki angka yang lebih rendah daripada penganut Mormons Amerika – yang mana tergolong lebih rendah daripada penganut vegetarian Advent Hari Ketujuh. (sumber : Cancer Research 35:3513 1975)

Oleh : The Weston A. Price Foundation


Responses

  1. Reblogged this on Zzopp and commented:
    Mantabb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: